Cara Mengupload Jurnal Di Sinta Terbaru

Cara Mengupload Jurnal di Sinta
Form Registrasi Aplikasi Jurnal Sinta

Cara Mengupload Jurnal Di Sinta Terbaru - Belajar cara mengupload jurnal di Sinta atau di database internasional penting untuk kelompok mahasiswa atau dosen. Terutamanya dosen. Karena dosen mempunyai kewajiban untuk lakukan publisitas artikel ilmiah ke bentuk jurnal.


Proses publisitas diperuntukkan untuk semua hasil riset dan pengabdian masyarakat yang digerakkan dosen. Usaha untuk tingkatkan jumlah publisitas jurnal terus dilaksanakan pemerintahan. Karena dapat menggerakkan kenaikan rekam jejak pengajaran tinggi tanah air.


Beberapa dosen selanjutnya diharap dapat lakukan publisitas baik berbentuk jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional bereputasi. Khusus untuk jurnal nasional terakreditasi, maka terkait dengan Sinta.


Sinta jadi tujuan khusus beberapa dosen saat melakukan riset atau pengabdian masyarakat. Karena masuknya jurnal mereka ke Sinta akan diganjar dengan angka credit, dan menunjukkan jurnal itu berkualitas. Lantas, bagaimana cara mengupload jurnal di Sinta?


Sebelum mengetahui bagaimana mengupload jurnal disitus Sinta, harus dipahami terlebih dahulu mengenai situs database satu ini. Sinta merupakan sebuah situs atau web yang berisi daftar jurnal nasional terakreditasi ARJUNA.


Istilah Sinta sendiri dijumpai mempunyai kepanjangan Science and Technology Indeks. Hingga dapat disebutkan sebagai sebuah database atau pangkalan data pustaka yang berisi jurnal-jurnal nasional terakreditasi.


Jurnal nasional yang telah penuhi standard seperti telah terakreditasi dan penuhi standard sitasi. Dapat masuk ke database Sinta dan jadi bukti jika jurnal itu mempunyai kualitas yang bagus.


Sinta selanjutnya dapat menjadi tujuan untuk memperoleh jurnal nasional terakreditasi dengan opsi komplet. Semua jurnal nasional terakreditasi dari beragam sektor keilmuan terindeks disini.


Situs Sinta dijumpai dapat dijangkau dengan gratis, hingga siapa pun dapat cari jurnal nasional terakreditasi disini dengan dengan modal internet. Sementara untuk dosen yang ingin memeriksa jurnalnya telah masuk ke Sinta atau memang belum.


Pasti perlu mengupload jurnal lebih dulu lewat Sinta, dan perlahan-lahan akan dilihat standard dan popularitasnya seperti apakah. Sinta diperlengkapi dengan feature Citation, Networking, Research dan Skor.


Sejumlah fitur ini tampilkan detail kualitas dan performa jurnal itu. Hingga untuk dosen atau mahasiswa yang membutuhkan jurnal sebagai rekomendasi dapat memeriksa sitasinya, skornya, dan lain-lainnya.


Mekanisme dan feature di situs Sinta sepintas hampir sama dengan database jurnal internasional seperti Scopus. Hingga Sinta selanjutnya dikatakan sebagai Scopusnya Kemendikbud Ristek. 


Selainnya dapat dipakai untuk tentukan kualitas jurnal, Sinta bisa juga dituju beberapa dosen dan periset untuk mengupload jurnal. Karena dalam Sinta dibikin mekanisme yang berfungsi untuk menilai kualitas jurnal itu.


Jurnal yang dipublikasi lewat Sinta berpeluang masuk ke database Sinta dan dapat terindeks di Google Scholar. Hingga dapat meluaskan capaian jurnal itu supaya bisa dijangkau oleh khalayak luas untuk beragam kepentingan.


Adapun cara mengupload jurnal Sinta sebetulnya tidak sulit, tahapnya simpel dan ditanggung gampang untuk dilaksanakan. Berikut detail beberapa langkahnya:

Cara Mengupload Jurnal Di Sinta
Cara Mengupload Jurnal Di Sinta


  1. Tahapan pertama sudah pasti mendaftarkan account di Sinta, untuk dosen pasti ini penting karena nantinya dapat mempermudah proses penerbitan jurnal. Registrasi account jadi hal khusus untuk dosen yang belum mempunyai account disitus ini. Triknya dapat masuk ke laman Sinta di https://sinta.kemdikbud.go.id/ selanjutnya masuk pada menu Registration yang berada pada bagian atas. Apabila sudah mempunyai account karena itu tinggal login dengan masuk pada menu Author Login pada halaman khusus. 
  2. Tahapan selanjutnya ialah isi formulir register account, lebih kurang penampilan formulirnya semacam ini: Isi data dalam formulir sama sesuai ketetapan dimulai dari nama komplet, nomor KTP, Id Google Scholar, Id Scopus, dan lain-lain seperti yang tampil pada gambar diatas. Pada formulir registrasi yang diterangkan awalnya, bakal ada proses pengisian ID Google Scholar dan Scopus. Datanya harus sama karena nanti akan disinkronisasikan dengan kedua database itu. Maka saat sebelum membuat account di Sinta yakinkan telah mempunyai account di Google Scholar dan di Scopus. Agar proses pembikinan account Sinta tidak ada masalah dan prosesnya jalan cepat.
  3. Tahapan selanjutnya ialah memeriksa kelengkapan data yang ada di formulir registrasi. Tidak boleh cepat-cepat memencet tombol Register untuk pastikan semua data telah betul dan komplet. Yakinkan tidak ada data yang kosong terkecuali ada info data tertentu bisa dikosongi. Yakinkan semua data benar, karena faksi pengurus situs Sinta nanti akan lakukan proses klarifikasi. Hingga dosen akan dilihat namanya, statusnya di perguruan tinggi, NIDN yang dipunyai, kedudukan fungsionalnya, dan lain-lainnya. Selanjutnya untuk data profile dan apa saja di Google Scholar dan Scopus sepanjang registrasi tidak boleh diganti dahulu. Diamkan apa yang ada untuk kelancaran proses registrasi. Karena akan dibikin sesuai atau sama-sama tersambung. Bila ID yang dimasukkan berlainan maka munculkan masalah pada proses registrasi.
  4. Tahapan akhir registrasi account ialah proses klarifikasi yang sudah dilakukan oleh team verifikator dari situs Sinta. Seperti yang diterangkan diawalnya, faksi Sinta akan lakukan pengujian data apa benar seperti yang diisikan dosen atau mungkin tidak. Hingga dilaksanakan pengujian ke perguruan tinggi, ID di Google Scholar dan Scopus, selanjutnya NIDN, dan lain-lainnya. Bila sudah bisa dibuktikan betul atau benar setelah itu proses klarifikasi usai dilaksanakan. Status account di situs Sinta akan beralih menjadi verified, dan proses ini dapat memerlukan waktu sekian hari. Oleh karenanya sepanjang proses registrasi tidak boleh ubah data apa saja. Sekalian formulir berisi data yang betul-betul benar. Sesudah status account verified, karena itu tahapan selanjutnya ialah up-date data profile. Maknanya pemakai bisa lengkapi data diri di account Sinta yang telah usai dibikin. Silahkan dilengkapi karena nanti akan tentukan nama author dari jurnal yang dipublikasi ke Sinta. Sekalian mempermudah penelusuran, gunakanlah nama dan data diri yang benar.
  5. Tahapan setelah itu tahapan penyelarasan di antara account di Sinta dengan account di Google Scholar dan di Scopus. Bila penyelarasan telah selesai maka daftar jurnal yang sempat diedarkan di Scopus atau Google Scholar akan tersambung. Semua jurnal dapat tampil di Sinta, dan mempermudah beberapa dosen untuk mengetahui perubahan publisitas yang sudah diupload. Disamping itu, beberapa dosen yang telah tiba ke tahapan ini dapat masuk ke tingkatan pengindekan.
  6. Tingkatan pengindekan jadi tingkatan akhir didalam cara mengupload jurnal di Sinta dan dapat dilaksanakan sendiri oleh dosen. Pokoknya ialah ajukan legalisasi pada jurnal itu ke ARJUNA. Yaitu di situs http://arjuna.ristekdikti.go.id/. Bila score legalisasi diantara 70-85 karena itu mendapatkan legalisasi B di Sinta mendapatkan kelompok Sinta 2. Bila legalisasi diatas 85 akan mendapat nilai legalisasi A dan mendapatkan kelompok Sinta 1.


Lewat keterangan diatas tentu saja dapat dipahami jika cara mengupload jurnal di Sinta tidak susah. Prosesnya cepat, namun tetap tergantung diproses klarifikasi . Maka, anda dapat mendaftarkan diri saat ini di Google Scholar dan Scopus untuk mempersiapkan account Sinta dari jauh - jauh hari.

LihatTutupKomentar