Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis Daftar Pustaka dan Contoh Dengan Benar

Cara Menulis Daftar Pustaka
Cara Menulis Daftar Pustaka Dan Contoh Dengan Benar


Cara menulis daftar pustaka nyatanya tidak dapat asal-asalan, loh, gaes! Ada bermacam style atau langkah penulisan daftar pustaka, dan tiap ragamnya mempunyai karakternya masing-masing. Pernah mendengar istilah plagiat? Kondisi ini dapat muncul karena cara menulis daftar pustaka yang  tidak menuliskan sumber asli dari bahan tulisan yang dibikinnya. 


Di dunia sekolah juga, bisa jadi terjerat pada kondisi ini bila tidak sanggup tuliskan sumber rekomendasi dari makalah yang dibikin dengan benar dan baik.


Meskipun berkesan gampang, kenyataannya ada banyak yang kesusahan mengaplikasikan penulisan daftar pustaka yang betul dalam akhir tulisannya. 


Tandanya baca dan barisan selama penulisannya jadi momok yang membuat seorang buru-buru malas untuk menuliskan bermacam rujukan sumber dari tulisannya.


Hayo, siapa di sini yang saat melakukan pekerjaan kerap ambil bahan dari internet? Tenang, kamu bisa saja mencuplik atau memakai sumber info dari beragam media tergolong internet, tapi janganlah lupa sertakan sumbernya di daftar pustaka, ya! Melalui daftar pustaka, kita dapat menghargai penulis dari sumber info yang kita mengambil.


Apa sich sebetulnya daftar pustaka itu? Bagaimanakah cara penulisan daftar pustaka yang betul? Tenang saja, yok, silahkan kita bahas daftar pustaka selengkapnya di sini. 


Sekalian kita belajar langkah membuatnya dengan benar dan baik supaya pekerjaan sekolah atau kuliahmu tidak dicap plagiat oleh pembaca.


Daftar pustaka ialah sebuah daftar yang berisi beragam sumber bacaan untuk jadikan dasar info dalam melaksanakan pekerjaanmu. Sumber info yang kamu pakai dapat datang dari beragam media, lho! Misalnya itu buku, jurnal, artikel internet, skripsi, dan yang lain dapat kamu buat jadi rujukan waktu membuat tugas.


Fungsi penting dari daftar pustaka untuk memberitahukan ke pembaca, dasar dari tulisan yang kamu bikin . Maka, beberapa pembaca bisa yakin berkaitan kebenaran tulisan yang kamu bikin. Disamping itu, daftar pustaka sebagai fasilitas menghargai pemasok info rujukan, hingga tulisanmu tidak terindikasikan plagiat.


Daftar pustaka berisi beberapa info terkait sumber rujukan yang kita pakai, dimulai dari nama penulis, judul tulisan, tanggal tulisan diluncurkan, dan lain-lain. Banyak info di daftar pustaka mempunyai tujuan supaya pembaca dapat mengenali dasar penulisan dan darimanakah sumber itu bisa dijangkau.


Pada umumnya, type penulisan daftar pustaka yang sering dipakai ialah memakai pola Chicago Manual Model atau yang umum dipersingkat CMS. Yok, kita belajar langkah membuat daftar pustaka dengan pola CMS ini, sesuai tipe sumbernya:


Cara Menulis Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Ada banyak hal yang penting jadi perhatian saat menulis daftar pustaka dari sumber buku. Tetapi, hal paling penting ialah memerhatikan posisi dan pertanda bacanya. Berikut posisi sebuah rekomendasi dari buku.


1. Nama

Nama penulis dicatat paling dahulu. Ingat-ingatlah selalu untuk tuliskan nama belakang penulis lebih dulu, selanjutnya diteruskan dengan pertanda koma (,) kemudian sertakan nama depan dan tengah penulis buku itu. Bila buku itu sebagai kreasi dari 2 penulis ataupun lebih, cuma penulis pertama kali yang posisi namanya dibalik. Penulis ke-2 dan sebagainya ada sesudahnya dengan posisi yang sama sesuai nama aslinya. Bila pada buku itu nama penulis tercantum komplet dengan gelar pengajaran atau gelar lain, gelar-gelar itu tak perlu ditulis.


2. Tahun Keluar

Sesudah nama, sertakan tahun keluar dari buku yang rekan-rekan pakai sebagai rekomendasi. Tidak boleh tertipu pada angka tahun cetakan awalnya karena bisa jadi buku yang kamu gunakan sebagai cetakan ke-2 , ke-3 , atau paling akhir.


3. Judul Buku

Tulis judul bukumu secara lengkapnya. Janganlah lupa, penulisan judul dibikin dengan italic (miring).


4. Kota dan Nama Penerbit

Sisi paling akhir dalam penulisan daftar pustaka sebuah buku ialah memberikan kota penerbitan dan nama penerbit yang cetak buku itu. Utamakan penulisan nama kota, baru dituruti bernama penerbit yang terbatasi dengan pertanda titik dua (:).


Hal yang lain penting diingat ialah pertanda batasan dari setiap posisi. Yakinkan rekan-rekan memakai pertanda titik (.) untuk batasi posisi nama, tahun keluar, judul buku, sampai kota dan nama penerbit.


Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Data Buku:

Judul : Famili Medical Care Volume 4

Penulis : Dr. John F. Knight

Penerbit : Indonesia Publishing House

Kota Penerbit : Bandung

Tahun Keluar : 2001


Langkah Penulisan:

Knight, John F. 2001. Famili Medical Care Volume 4. Bandung: Indonesia Publishing House.


Cara Menulis Daftar Pustaka dari Artikel dalam Jurnal, Koran, atau Majalah

Hampir sama dengan penulisan dari sumber berbentuk buku, rekan-rekan juga perlu memberikan nama penulis, tahun keluar, judul artikel, sampai kota dan nama penerbit. Namun, ada ketidaksamaan penulisan untuk beberapa posisi itu, yaitu seperti berikut.


1. Nama

Yakinkan nama yang rekan-rekan catat dalam daftar pustaka artikel itu ialah penulis artikelnya, bukan editor dari jurnal, koran, atau majalah sebagai sumber rekomendasi.


2. Judul

Utamakan penulisan judul artikel sebagai sumber rekomendasi. Penulisan tidak dengan pola italic, tetapi tegak lempeng dengan pemberian pertanda kutip (") pembuka dan penutup. Kemudian, teruskan dengan penulisan sumber jurnal atau majalah yang berisi artikel itu. Penulisan nama jurnal, majalah, atau koran baru diciptakan miring. Sertakan di halaman berapakah artikel itu termuat yang dicatat dalam pertanda kurung [(…)].


Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal

Data Artikel:

Judul Jurnal : Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1

Judul Artikel : Bahasa Indonesia dalam Info dan Iklan di Ruangan Khalayak Kota Pangkalpinang

Penulis : Umar Solikhan

Penerbit : Kantor Bahasa Propinsi Bangka Belitung Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan

Kota Keluar : Pangkalpinang

Tahun Keluar : 2013


Langkah Penulisan:

Solikhan, Umar. 2013. "Bahasa Indonesia dalam Info dan Iklan di Ruangan Khalayak Kota Pangkalpinang" dalam Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1 (hlm. 123-129). Pangkalpinang: Kantor Bahasa Propinsi Bangka Belitung Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan.


Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet

Selainnya artikel bikin, sering seorang bersumber tulisannya dari beberapa artikel di internet (dalam jaringan.online/online). Untuk penulisan daftar pustaka dari internet semacam ini, posisinya ialah seperti berikut:


1. Nama

Langkah penulisan nama untuk artikel online sama dengan penulisan nama dari sumber buku atau artikel bikin.


2. Tahun Penyajian

Tulis tahun penyajian dari artikel itu.


3. Judul

Judul artikel online tidak dicatat secara italic, tetapi cuma dijepit pertanda kutip (").


4. URL

Janganlah lupa mengopi alamat URL dari artikel itu agar dijangkau bila ada yang ingin menunjukkan keabsahannya.


5. Waktu Ambil

Pada bagian akhir, janganlah lupa memberikan waktu ambil artikel online itu selengkapnya, yaitu tanggal dan jam saat kamu mengambil atau menjadikan rekomendasi.


Selainnya posisi, permasalahan pertanda batasan dalam daftar pustaka artikel internet/online sedikit berbeda dengan penulisan dari sumber bikin. Pertanda titik (.) sebagai batasan cuma berlaku untuk akhiri nama penulis dan tahun penyiaran. Dalam pada itu, limitasi dari judul ke URL dan dari URL ke waktu ambil data berbentuk pertanda koma (,).


Contoh Daftar Pustaka dari Internet


Data Artikel:

Judul : Inikah Imbas Mematikan Pemanasan Global?

Penulis : Jeko Iqbal Reza

Tanggal Tampil : 29 Agustus 2015

Waktu Akses : 10 Februari 2016, jam 10.27

URL : http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global


Langkah Penulisan:

Reza, Jeko Iqbal. 2015. "Inikah Imbas Mematikan Pemanasan Global", http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global, dijangkau pada 10 Februari 2016 jam 10.27.


Cara menulis daftar pustaka dari jurnal online

Banyak jurnal electronic ada dalam pola bikin. Oleh karenanya, cukup turuti panduan untuk rekomendasi artikel bikin yang diberi awalnya.

Tetapi, bila jurnal cuma ada secara electronic, rekomendasi harus meliputi info berikut ini:

  1. Penulis (s) - bernama keluarga dan inisial (s)
  2. Tahun keluar
  3. Judul artikel
  4. Judul jurnal (diciptakan miring)
  5. [on line]
  6. Tempat keluar dan penerbit
  7. nomor volume
  8. Permasalahan atau nomor sisi
  9. Nomor halaman (bila ada)
  10. Tanggal Anda menyaksikan artikel online
  11. URL atau DOI


Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal APA Model

Ada banyak tipe atau keadaan dari jurnal berkenaan dengan mode pengutipan APA-Style ini.Tetapi dalam masalah ini cuma diulas berkenaan penulisan standard biasanya saja.


Cara Menulis daftar pustaka jurnal untuk APA Model dengan posisi seperti berikut:


  1. Nama belakang, nama depan dibalik, baik penulis pertama atau paling akhir.
  2. Judul dicatat tegak, dengan huruf depan capital untuk tiap kata
  3. Nama jurnal dicatat miring
  4. Vol dan No jurnal
  5. Nomor halaman jurnal dari halaman awalnya sampai paling akhir
  6. DOI (bila ada)


Catatan:

  • Bila artikel jurnal mempunyai DOI, masukkan DOI dalam rekomendasi.
  • Selalu masukkan nomor terbitan artikel jurnal.
  • Bila artikel jurnal tidak mempunyai DOI dari database riset akademis, mengakhiri rekomendasi sesudah bentang halaman.
  • Rekomendasi dalam masalah ini sama dengan artikel jurnal bikin.
  • Terkecuali bila artikel jurnal datang dari pangkalan data yang mengeluarkan kreasi dengan perputaran terbatas atau content asli dan berpemilik, seperti UpToDate, tidak boleh mengikutkan info pangkalan data dalam rekomendasi.
  • Bila artikel jurnal tidak mempunyai DOI tapi mempunyai URL yang hendak dituntaskan untuk pembaca (misalkan, dari jurnal online yang bukan sisi dari database), masukkan URL artikel diakhir rekomendasi.


Cara Menulis daftar pustaka dari jurnal automatis

  1. Membuka document Microsoft Word yang hendak dikasih daftar pustaka.
  2. Di dalam menu bar, click menu "References".
  3. Setelah itu di bagian Citations dan Bibliography tentukan "Insert Citation" lalu click "Add New Source". Awalnya yakinkan sisi "Model" kamu tentukan pilihan "APA".
  4. Lalu akan ada penampilan semacam ini, kerjakan pengisian kesemua kolom yang ada, dan click OK.
  5. Di bagian "Tipe Of Source" ada banyak pilihan yang dapat kamu tentukan, yakni : Book, Book Section, Journal Article, Article in a Periodical, Konferensi Proceeding, dan Report. Silahkan samakan dengan sumber yang kamu pakai.

Pada dasarnya demikianlah cara menulis daftar pustaka dan contoh penulisan daftar pustaka yang betul berdasar sumbernya. 

Yook, latihan langkah cara menulis daftar pustaka sesuai rujukan dari pekerjaan yang kamu lakukan! Selain menghargai penulis sumber rujukan, daftar pustaka membuat tulisanmu pantas sebagai bahan bacaan yang mempunyai dasar yang dapat dipercaya dan kuat.